OJK Pantau Penanganan Masalah Asuransi dengan Nasabah Unit Link - Redaksibaru.id

OJK Pantau Penanganan Masalah Asuransi dengan Nasabah Unit Link

  • Bagikan

Jakarta, Redaksibaru.ID – Tiga perusahaan asuransi tengah menghadapi perselisihan dengan kelompok nasabah unit link. Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun berupaya memantau penanganan permasalahan itu, melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK).

Ketiga perusahaan asuransi tersebut yakni PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), PT AIA Financial (AIA), dan PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri).

“OJK memonitor penanganan permasalahan unit link yang akan dilakukan oleh LAPS SJK,” ujar Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo dalam akun Instagram resmi OJK, Sabtu (12/2/2022).

Anto menuturkan, penyelesaian permasalahan unit link harus dilakukan secara individual. Sehingga nasabah perseorangan akan dimediasi dengan perusahaan asuransi, untuk mendapatkan solusi terbaik bagi kedua belah pihak (win-win solution) dan dilakukan secara transparan.

BACA JUGA:  Gubernur NTB Dukung Penuh Pelaksanaan HKEC Lombok

Dia juga menyampaikan, OJK telah mendapatkan penjelasan dari perusahaan asuransi mengenai mekanisme pengembalian premi sesuai kelayakan yang akan dimediasi oleh LAPS SJK secara obyektif dan independen.

BACA JUGA:  Jaga Kesuburan Tanaman Padi Babinsa Kodim 1410 Bantaeng Bantu Petani Cabut Rumput Liar Di Sawah

Ketiga perusahaan asuransi yang tengah menghadapi perselisihan ini pun telah mengumumkan skema penyelesaian melalui proses arbitrase LAPS SJK.

Penyelesaian akan dilakukan secara bertahap untuk satu per satu nasabah. Sementara prosesnya, akan dimulai pada sekitar pertengahan Februari 2022. []



  • Bagikan