Jakarta – Layanan internet Telkomsel dan IndiHome mengalami gangguan sejak Minggu (19/9/2021). Kini, layanan tersebut diklaim berangsur membaik hingga Senin (20/9/2021).
Pihak Telkomsel pun membenarkan adanya gangguan ini. Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, wilayah yang terdampak gangguan adalah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
Denny mengatakan, saat ini Telkomsel sedang menelusuri penyebab gangguan koneksi internet.
“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” kata Denny dikutip dari Kompas, Minggu (19/9/2021)
Denny menambahkan, gangguan hanya terjadi pada layanan internet, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa diakses normal. Atas adanya gangguan ini, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” kata Denny.
Sebelumnya, Telkom menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak.
Gangguan tersebut terjadi pada hari ini, sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.
“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” jelas SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.
Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.
“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” tutup Ahmad.