Ternyata ini Alasan KIM Percepat Pengumuman Capres-Bacapres | REDAKSI BARU         Press "Enter" to skip to content

Ternyata ini Alasan KIM Percepat Pengumuman Capres-Bacapres



Redaksibaru.id – Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah menentukan capres dan cawapres yang akan bertarung pada Pemilu 2024 nanti.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengumumkan langsung pendampingnya, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Awalnya, pengumuman bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden yang diusung KIM diumumkan Senin (23/10).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tetapi ternyata, dimajukan menjadi Minggu (22/10) malam, seusai pertemuan KIM di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pertemuan forum ketua umum partai semalam hanya berlangsung 5 sampai 10 menit.

Para ketua umum dan sekjen partai yang kemudian mengadakan pembicaraan, sudah bulat memutuskan bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju adalah Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden adalah Gibran Rakabuming Raka

“Sehingga deklarasi yang tadinya di gelar pada Senin (23/10) akhirnya diputuskan langsung diumumkan atau dideklarasikan,” jelas dia dalam keterangannya tadi malam yang dipantau Senin (22/10).

Selain itu, kata dia, karena banyaknya keingintahuan dari selain kader-kader politik dari partai pengusung Koalisi Indonesia Maju, juga banyak sekali pertanyaan dari masyarakat mengenai bakal calon presiden dan bakal wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju.

“Sehingga akhirnya pengumuman dilakukan pada Minggu (22/10) malam,” terangnya.

Sekedar informasi, pendiri LSI Denny JA mengatakan, Indonesia sudah memiliki lengkap sudah tiga calon wakil presiden: Muhaimin Iskandar untuk Anies, Mahfud MD untuk Ganjar, dan Gibran untuk Prabowo.

Dia pun menganalisis tiga hal sekaligus. Pertama, tingkat pengenalan dan kesukaan masing-masing cawapres.

Kedua, segmen suara terbesar yang bisa mereka pengaruhi.

Ketiga, basis teritori provinsi besar yang juga bisa mereka mainkan, untuk menambah dukungan.

Data survei LSI Denny JA, di September 2023. Untuk tingkat pengenalan, Gibran sudah dikenal oleh 65,4% populasi Indonesia.

Prosentasenya lebih tinggi dibandingkan Mahfud yang dikenal oleh 60,1% populasi. Juga lebih tinggi dibandingkan Muhaimin Iskandar yang dikenal 49%.

Untuk tingkat kesukaan dari yang mengenal sang cawapres, Gibran disukai oleh 81,2% pemilih yang mengenalnya. Itu sangat tinggi dan datang terutama dari generasi mileneal.

Mahfud MD disukai oleh 79,8% dari yang mengenalnya. Sedangkan Muhaimin Iskandar disukai oleh 61,5% pemilih yang mengenalnya.

“4 bulan sebelum pilpres, di tingkat pengenalan dan kesukaan Gibran unggul sementara,” ucap dia. []

Komentar