Kolaborasi Wujudkan Kontribusi TP PKK untuk Kesejahteraan Masyarakat Bantaeng | REDAKSI BARU         Press "Enter" to skip to content

Kolaborasi Wujudkan Kontribusi TP PKK untuk Kesejahteraan Masyarakat Bantaeng



Redaksibaru.id – Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Kabupaten Bantaeng 2023 dilaksanakan di Balai Kartini, Kecamatan Bantaeng, Selasa (19/9). Kegiatan ini mengusung tema Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh, Sulsel Jaya, Bantaeng Baik.

Ketua TP PKK Bantaeng Sri Dewi Yanti (SDY) dalam sambutanya mengatakan, TP PKK di Kabupaten Bantaeng telah berkuntribusi dalam berbagai aspek. TP PKK Bantaeng berperan dan fokus dalam peningkatan dan kesejahteraan keluarga melalui berbagai program edukasi yang berkerja sama dengan berbagai pihak. Utamanya pada aspek-aspek penting seperti pendidikan dan kesehatan.

“Kami juga berperan dalam kesetaraan gender dan mengedukasi masyarakat tentang hak-hak perempuan,” kata dia.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

TP PKK Bantaeng juga berperan dan berkontribusi dalam upaya memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat agar dapat ikut berkompetisi dan mengakses Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW dari Pemkab Bantaeng sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap tenaga kerja sampai di tingkat Dusun dan RW.

“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, DPPKB, Dinas Sosial dan dinas terkait berusaha aktif dan mencari solusi dalam percepatan penurunan stunting,” kata perempuan peraih penghargaan tertinggi bidang Keluarga Berencana, Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN RI itu.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan TP PKK Bantaeng telah berkontribusi dalam berbagai sektor. Baik dalam pergerakan ekonomi, pembangunan keluarga ideal, pertanian dan keagamaan.

“Ada dua hal yang menjadi fokus pemerintah pusat sampai pada di desa dan kelurahan. Pertama kemiskinan ekstrem. Alhamdulillah kita di Bantaeng tidak ada kemiskinan ekstrem, salah satunya berkat kehadiran PKK di Kabupaten Bantaeng,” kata dia.

Semua kebaikan dapat terwujud dengan kebersamaan, salah satunya peran PKK di Kabupaten Bantaeng. Ke dua, menekan angka prevalensi stunting. Ilham Azikin mengatakan seluruh pihak ikut bertanggungjawab dalam menangani stunting.

“Bantaeng harus lebih baik kedepan dengan memberikan perhatian besar kepada anak-anak kita dengan memberikan perhatian mulai dari dalam kandungan sampai umur lima tahun. Peran besar ibu-ibu menjadi harapan masyarakat membutuhkan sentuhan PKK,” kata dia.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada kader dan pengurus PKK serta kepada OPD. []

Komentar