Bupati Bantaeng Kukuhkan 134 Duta GenRe “Generasi Yang Punya Rencana” | REDAKSI BARU         Press "Enter" to skip to content

Bupati Bantaeng Kukuhkan 134 Duta GenRe “Generasi Yang Punya Rencana”



Redaksibaru.id – Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si. mengukuhkan secara resmi Duta Generasi Berencana Tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bantaeng pada hari Selasa, 23 Mei 2023.

Duta Generasi Berencana yang dikukuhkan adalah Akbar Mubarak Perwakilan Duta GenRe Putra dari Kelurahan Ereng-Ereng Kecamatan Tompobulu dan Sri Wahyuni Perwakilan Duta GenRe Putra dari Desa Bajiminasa Kecamatan Gantarangkeke yang mewakili 67 pasang atau 134 orang dari seluruh Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bantaeng.

Bupati Bantaeng mengukuhkan Duta GenRe Tingkat Desa/Kelurahan Kabupaten Bantaeng dan Bapak Asuh Atasi Stunting pada kegiatan Peresmian Kampung KB dan Launching Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) di Balai Kartini Bantaeng.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd. bersama Sekretaris Dr. Faizal Fahmi, SKM., M.Kes., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng Hj. Sri Dewi Yanti, S.Sos., M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama H. Muhammad Ahmad Jailani, S.Ag., MA., Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Drs. Muhammad Haris, M.Si., Kepala Dinas Kesehatan dr. Andi Ihsan, M.Kes., Ketua BAZNAS Drs. H. Abdul Karim Bagada, MM., Pimpinan SKPD terkait, seluruh Camat, Kepala Desa/Lurah dan Ketua Tim Penggerak PKK di wilayah Kampung KB dan Dashat yang diresmikan serta undangan lainnya.

Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe).

Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda, juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa.

Duta Generasi Berencana (GenRe) atau “Generasi Yang Punya Rencana” yang dihadirkan oleh BKKBN ini memegang peranan penting untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya.

Keberadaan Duta Genre diharapkan dapat menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas, persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah.

Setelah kegiatan pengukuhan Duta GenRe Tingkat Desa/Kelurahan, acara dilanjutkan dengan kegiatan Fasilitasi dan Pendampingan Pelaksanaan Edukasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) di PIK-Remaja dan Bina Keluarga Remaja di Ruang Ruang Pertemuan DPPKB.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bantaeng. Kegiatan tersebut diisi dengan pemaparan materi dari Pokja Remaja BKKBN dengan materi Program Ketahanan Remaja, dr. Andi Ihsan, M.Kes. selaku Kepala Dinas Kesehatan.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pelepasan pasangan Duta GenRe Kabupaten Bantaeng Muh. Azwhir Badriansyah Bahar dan Selfi Dwi Yanti untuk mengikuti Grand Final Apresiasi Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 25-27 Mei 2023 di Swiss-Bel Hotel Panakkukang, Makassar. []

Komentar