DPD JOIN Makassar Bersama DPW JOIN Sulsel Gelar Diskusi Media - REDAKSI BARU amp-fx-flying-carpet

DPD JOIN Makassar Bersama DPW JOIN Sulsel Gelar Diskusi Media

Reporter :

Minggu, 25 September 2022 - 11:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG WA

IMG WA

Advertisements

Makassar – Dewan Pengurus Daerah Makassar Jurnalis Online Indonesia (JOIN) bersama Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sulawesi Selatan, sukses menyelenggarakan diskusi media di Kafe Baca Jalan Adhyaksa nomor 2 Makassar, Sabtu 24 September 2022.

Acara Diskusi Media, Media Diskusi di inisiasi penuh oleh DPD JOIN Makassar ini, mengambil tema “Sulawesi Selatan Menuju Puncak Prestasi Harapan dan Tantangan” dengan menghadirkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan dan diwakili oleh Prof. Dr. H. Wasir Thalib, M.Si dan Dr. Ahmad Rum Bismar, M.Pd.

Acara diskusi media ini, merupakan sesi ke 5 dari rangkaian acara Diskusi Media Media Diskusi dengan pengarah diskusi Arwan D. Awing (Humas DPW JOIN Sulsel).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagai pembicara pertama, Prof. Wasir membuka dengan pemaparan terkait Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba yang akan berlangsung pada tanggal 22 Oktober hingga 30 Oktober 2022.

“Jadi apabila kita hitung sisa 28 hari lagi, namun kita masih terkendala pada pendanaan. Karena KONI Sulsel itu hanya mendapat dana hibah dari Pemprov sebesar 5 M, padahal diketahui 1.6 M dana tersebut kita pakai untuk membayarkan utang kegiatan lalu, jadi sisanya itu sebesar 3.4 M yang digunakan untuk pembiayaan Porprov,” ucapnya.

BACA JUGA:  Wabup Minta Para Kepala SKPD dan Camat Kawal Kegiatan Perlindungan Lahan 

“Apabila kita berkaca pada Porda 2018 di Pinrang, dana yang disediakan sekitar 20 M dan yang terserap untuk kegiatan Porda itu sekitar 12 M, tentu itu menjadi tantangan bagi KONI,” ulas Prof Wasir.

Ditambahkan pula, tantangan berikutnya yaitu kurangnya turnamen, kurangnya kualitas latihan para atlet dan tentu kesejahteraan para atlet di Sulsel.

“Faktor kesejahteraan inilah yang membuat para atlit kita bermigrasi ke daerah lain, padahal Sulsel merupakan pencetak atlet,” kuncinya.

Sementara itu Dr. Ahmad Rum yang akrab disapa Rum ini, menyoroti terkait sistem kepelatihan.

“Untuk mendapatkan atlet berprestasi tentu dibutuhkan sistem kepelatihan berbasis saintific atau berbasis ilmu pengetahuan. Tentu ini tak lepas lagi dari pendanaan bagi olahragawan kita,” terangnya.

BACA JUGA:  Efek Pegawai Gemar Pamer Harta, Muncul Gerakan Boikot Bayar Pajak

“Contohnya saja untuk pemeriksaan doping saja, mesti kita kirim ke Korea, tentu ini memakan waktu dan kita telah kalah dari Thailand dan Malaysia yang telah memiliki tes doping ini,” tambahnya.

“Saat ini, kita telah bergeser dari sistem amatir ke sistem profesional yang mana pendanaan sangat penting pada bidang olahraga profesional. Contohnya saja, sewaktu PON Papua, atlet Sulsel itu hanya diberi bonus 150 juta bagi peraih medali emas sedangkan tuan rumah Papua diberi bonus 1 M, tentu sebagai atlet profesional mereka memilih mutasi ke daerah tersebut, demi kesejahteraannya,” lanjut tenaga pengajar di UNM ini.

“Jadi untuk mencapai prestasi itu sangat mahal dan butuh biaya yang besar dan ini harus dipahami oleh pemerintah serta DPRD Sulsel,” tutupnya.

Dalam diskusi ini, para peserta sangat antusias untuk bertanya, apalagi setelah mendengar realita dari pendanaan KONI yang sangat kecil padahal akan membuat event Porprov.

Seperti yang disinggung oleh Syamsul Rijal dari Gowa serta Sry Syahril yang juga Ketua JOIN Makassar.

BACA JUGA:  JOIN Sulsel Bersama Pusdiklat gelar Diskusi media

Sementara itu penanya dari Bantaeng, Alimin DS membahas masalah koordinasi antar lembaga yang diharapkan lebih terjalin dan terbuka agar masalah terkait pendanaan teratasi.

Sedikit berbeda dikemukakan oleh Rusdin Tompo yang membahas terkait tokoh masyarakat yang membina cabang olahraga, agar beban KONI dari segi pembinaan dan pendanaan berkurang.

Demikian pula halnya dengan Sainuddin Sila yang menyoroti terkait banyaknya venue-venue pertandingan yang sudah tidak layak untuk dipakai.

Acara Diskusi Media Media Diskusi ini juga diselipkan dengan pembacaan puisi berjudul Petinju karya Mahrus Andis yang dihantarkan oleh moderator.

Ada sedikit terbersit keharuan ketika moderator meminta kepada para peserta diskusi untuk membacakan surah Al Fatihah kepada Almarhum Abdi Satria wartawan olahraga senior Sulsel.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada pemateri disertai foto bersama oleh para peserta diskusi.

Turut hadir DPD JOIN Gowa, Ketua dan pengurus DPD JOIN Bantaeng, para seniman, akademisi, Koordinator penulis SatuPena Sulsel serta beberapa unsur masyarakat.

Editor :

Berita Terkait

Pecinta Sepak Bola Bantaeng Harap Pemda Fasilitasi Nobar Piala Asia 2024 di Pantai Seruni
Polres Bantaeng-Klinik Huadi Group Kompak Periksa Kesehatan
Evaluasi Kinerja Triwulan Kedua, Pj. Bupati Bantaeng Paparkan Capaian Kinerja
Pj. Bupati Bantaeng Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045
Musrenbang RPJPD, Huadi Group Diajak Wujudkan Bantaeng 2024 Maju dan Berdaya Saing
Di Musrenbang RPJPD, Andi Abubakar: Penyusunan Menjadi Arah dan Acuan Bagi Pemda
PKB Sodorkan Kr Nanu jadi Pendamping Ilham Azikin di Pilkada Bantaeng
Kapolres Bantaeng Pantau Seleksi Penerimaan Anggota Polri

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 16:16 WIB

Evaluasi Kinerja Triwulan Kedua, Pj. Bupati Bantaeng Paparkan Capaian Kinerja

Rabu, 24 April 2024 - 01:00 WIB

Di Musrenbang RPJPD, Andi Abubakar: Penyusunan Menjadi Arah dan Acuan Bagi Pemda

Selasa, 23 April 2024 - 12:38 WIB

Huadi Group Ikut Penghijauan Bersama Program Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

Senin, 22 April 2024 - 11:56 WIB

Cekdam Balangsikuyu Jadi Lokasi Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka Hari Bumi 2024

Senin, 22 April 2024 - 11:52 WIB

Disaksikan Oleh Pj Bupati Bantaeng, Kodim 1410 Bantaeng Terima Bantuan CSR Bank BRI

Rabu, 17 April 2024 - 11:36 WIB

Peringati Hari Kesadaran Nasional, Pj Bupati Harap Seluruh OPD Bersinergi

Rabu, 10 April 2024 - 15:07 WIB

Pj. Bupati Bantaeng Sholat ied Bersama Masyarakat

Senin, 8 April 2024 - 15:58 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pj. Bupati Bantaeng Pantau Pos PAM OPS Ketupat

Berita Terbaru

Makro

Rapat Offline MSL Bantaeng Berlangsung Spektakuler

Minggu, 28 Apr 2024 - 13:18 WIB

Neo's Daily

Polres Bantaeng-Klinik Huadi Group Kompak Periksa Kesehatan

Jumat, 26 Apr 2024 - 21:39 WIB